Lifestyle
0

Hindari Burnout Dengan 3 Tips Ini!!

Setiap harinya kita pasti dihadapkan dengan berbagai kesibukan yang menguras waktu dan tenaga. Terkadang kita juga harus bekerja lebih ekstra untuk mencapai sesuatu, sehingga tidak jarang dari kita merasakan kelelahan yang tidak hanya lelah fisik namun juga lelah mental atau biasa disebut dengan Burnout. Burnout syndrome adalah suatu kondisi kelelahan fisik dan mental yang luar biasa akibat tuntutan pekerjaan yang sangat berat serta tekanan dari berbagai arah. Hal tersebut akhirnya membuat pikiran seseorang jadi tidak karuan. Dampaknya orang tersebut bisa mengalami penurunan performa kerja yang drastis, bahkan melakukan pekerjaan ringan pun rasanya sulit sekali.

Untuk kamu yang sedang disibukkan berbagai aktivitas, simak 3 tips ini agar kamu terhindar dari burnout dan dapat memaksimalkan performa kamu di posisi kerjamu!

 

  1. Luangkan Waktu Untuk Hangout Bersama Sahabat

 

Kesibukan yang padat membuat kita seringkali sulit untuk meluangkan waktu untuk hangout bersama teman atau orang terdekat. Jangankan untuk orang lain terkadang meluangkan waktu untuk diri sendiri juga sulit. Namun sesibuk apapun kita, meluangkan waktu untuk refreshing sejenak adalah sebuah keharusan. Cukup sekedar pergi ke coffeshop favorit dan bertukar cerita bersama sahabat juga sudah bisa membuat kita lebih fresh dan tidak terlalu terpaku dengan pekerjaan yang padat. Setelah sharing dengan sahabat, pacar atau orang terdekat kita juga pasti akan merasa lebih lega dan lebih tenang. Atau bahkan juga bisa mendapat solusi dari masalah yang kita rasakan

 

  1. Jangan Terlalu Menekan Diri Sendiri Dan Istirahat Yang Cukup

 

Kebanyakan dari kita seringkali menunda waktu istirahat ketika sudah melakukan sesuatu. Dengan alasan ‘’nanggung dikit lagi selesai’’ dan berakhir pada jam istirahat yang kacau. Hal kecil seperti ini yang seringkali disepelekan justru bisa berdampak besar bagi Kesehatan fisik dan juga Kesehatan mental diri kita. Karena itu, ketika waktu sudah menunjukkan untuk istirahat, tinggalkan dulu pekerjaan sejenak dan istirahat. Karena memaksakan diri bukanlah hal yang baik, justru dapat mengurangi konsentrasi dan bisa membuat kamu menjadi lebih mudah emosi dan tertekan.

 

  1. Kurangi Ekspektasi Dan Berikan Apresiasi Terhadap Diri Sendiri

Atur pola pikir dan bersikaplah realistis, sehingga kamu dapat menurunkan ekspektasi terhadap pekerjaan yang tengah dikerjakan. Dengan begitu, kecemasan dan stres di tempat kerja dapat berkurang. Selain itu, jangan lupa untuk memberi apresiasi terhadap diri sendiri terhadap prestasi yang pernah dicapai. Membeli makanan favorit atau jalan jalan sebentar bisa menjadi opsi untuk mengapresiasi diri ketika sudah lelah dalam aktivitas yang padat.

 

Sri Ayu Belladonna (Ozza)

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Most Viewed Posts
Menu