Music
0

Indie, Genre musik atau bukan?

Indie, pasti sobat muda sudah gak asing dengan kata ini. Belakangan ini memang Indie sudah sangat hype di Indonesia, khususnya kaum millenials. Juga sering sekali dikaitkan antara Indie dengan Sore yang mana tidak ada hubungan khusus antara keduanya. Indie sendiri adalah sebuah singkatan dari kata “Independent” yang berartikan mandiri, bebas, merdeka. Tapi sebenarnya Indie itu apakah suatu genre musik yang baru atau hanya sebuah istilah di dalam dunia musik?

Ternyata nih sobat muda, Indie adalah ketika seorang musisi memilih jalannya sendiri dalam berkarya dengan bebas dan tanpa adanya label yang menaungi dirinya sendiri. Biasanya, musisi tersebut-lah yang membiayai produksi, pemasaran, dan pendistribusian lagu-lagu nya. Jadi, itulah awal mula muncul kata Indie dalam dunia musik. Musisi Indie Internasional ter-hits pada masanya yaitu ada Radiohead dan Nirvana.

Memang karya musisi Indie anti-mainstream jika dibandingkan musisi lainnya. Karena memang idealisme yang tinggi hadir dalam setiap lirik dan musik-nya. Kebanyakan millenials Indonesia juga sangat tertarik dengan hasil audio dari musik ini. Beberapa karya musisi Indonesia yang terkenal adalah Ada Disana – Danilla Riyadi, Akad – Payung Teduh, Nematomorpha – Fortwnty, Bertaut – Nadin Amizah, Yang patah Tumbuh – Banda Neira, I Remember – Mocca, Adaptasi – Tulus dan yang belakangan lagi viral To The Bone – Pamungkas.

So, sekarang kamu sudah paham tentang apa itu musik Indie. Jangan salah mengartikan lagi dan boleh kamu klarifikasi kalau di tempat tongkrongan-mu ada yang salah presepssi tentang musik Indie, ya sobat muda. Juga, jangan lupa buat selalu dukung dan apresiasi musisi-musisi Indonesia agar terus tumbuh dan berkembang ya!

(Andra-14/4/2021)

Tags: , , , ,

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Most Viewed Posts
Menu