simfonifm

Menjadi mahasiswa/i memang dapat memberikan kebanggaan tersendiri bagi yang menjalaninya. Namun, banyaknya tantangan di dunia perkuliahan tampaknya sangat berbeda dibandingkan pada saat SMA atau tingkatan sekolah sebelumnya. Seorang mahasiswa dituntut untuk mandiri. Oleh karena itu, mahasiswa harus bisa mengatur waktu dengan baik. Tapi tetap saja masih banyak mahasiswa yang kesulitan menyelesaikan kuliah karena banyaknya godaan di depan mata. Sebagai mahasiswa kamu memang harus fokus dan tidak banyak tergoda melakukan hal-hal yang menganggu kuliah.

Menjadi mahasiswa/i berprestasi di kampus tentu menjadi suatu hal yang sangat membanggakan. Meski demikian, untuk mewujudkannya diperlukan kerja keras sehingga tidak mudah. Jika kamu ingin menjadi mahasiswa berprestasi tapi tak tahu caranya, berikut ini beberapa tipsnya:

1.      Review materi kuliah

Tugas mahasiswa bukan sekedar datang untuk kuliah. Tapi, kamu juga harus memahami materi yang diberikan dosen. Supaya kamu memperoleh nilai yang bagus saat ujian, tentu yang dilakukan adalah belajar. Mereview kembali materi kuliah yang sudah diajarkan secara rutin sehingga kamu enggak sistem kebut semalam saat ujian datang.

 

2.      Dekat dengan dosen

Mahasiswa berprestasi identik dekat dengan dosen. Sebab, dosen akan memercayakan beberapa tugas atau tanggung jawab kepadanya. Dekat dengan dosen memang banyak manfaatnya. Salah satunya, kamu akan mendapat berbagai informasi dan mudah mendapat rekomendasi jika dibutuhkan.

 

3.      Asah skill

Mahasiswa berprestasi enggak cuma pintar di kelas. Kamu harus mengombinasikan hard skill dan soft skill. Dengan cara mengikuti kursus atau pelatihan yang kamu sukai untuk menunjang karier di masa mendatang.

 

 

4.      Jalin jaringan yang luas

Berprestasi tapi enggak punya banyak teman tentu percuma. Bangun jaringan dengan memperluas pergaulan dengan teman. Jangan jadi mahasiswa kuper atau antisosial.

 

5.      Berorganisasi

Menyeimbangkan kuliah dan berorganisasi memang tak mudah. Jika tak cerdik membagi waktu, alhasil nilai jadi jeblok. Oleh karena itu, pilih organisasi atau UKM yang sesuai hobi dan passion. Sebab, berorganiasi akan memberikan banyak pengalaman yang enggak kamu dapat saat berada dalam kelas kuliah.

 

6.      Menerima masukan

Jangan merasa benar sendiri karena berprestasi. Manusia tak luput dari kesalahan. Kita hidup dalam lingkungan masyarakat, sehingga harus mau menerima masukan dari orang lain. Jadikan kritik sebagai bahan introspeksi diri supaya bisa lebih baik lagi ke depannya. 

 

Jadi, apakah kamu termasuk tipe mahasiswa yang berprestasi? Tips mahasiswa berprestasi ini bisa sangat menguntungkan untukmu di kemudian hari. Bukan hanya harus pintar membagi waktu, tapi kamu juga harus pintar-pintar memanfaatkan kesempatan. Karena bagaimanapun juga, setiap manusia akan senang melakukan hal yang sesuai dengan minatnya. Mungkin kamu tidak menemukan minat di dunia perkuliahan, mungkin di dunia bisnis atau yang lain. Yang penting, tetap semangat dan cobalah untuk fokus pada masa depan. Keep fighting!!

 

Tema   : TNT

By       : Sandra

Editor : News

 



Stream & Chatbox