simfonifm

Hai sobat muda, Desember udah holiday nih. Yakin gak mau kemana-mana? Buat kamu yang doyan banget travelling tapi gak ada temen, jangan khawatir kamu masih bisa ngelakuin solo travelling. Traveling sendiri bukan berarti kamu kesepian, tapi kamu bakal bisa lebih paham sama diri kamu sendiri lebih jauh. Jadi, jangan takut sama solo travelling, karna faktanya solo travelling bakal bikin dirimu lebih positif. Masih ragu? Berikut beberapa fakta dari solo travelling:

1.      Mengenali Diri Sendiri Lebih Dalam

Memang hanya diri sendiri yang paling mengenal kita, tapi dengan melakukan solo travelling ini juga bisa membantu untuk semakin mengenal diri, kapasitas diri, mengukur diri, dan yang terpenting adalah pengendalian diri. Atau bisa jadi kamu bakalan muhasabah diri selesai solo travelling.

2.      Jiwa Kepemimpinan Akan Terbentuk Sejak Awal Perjalanan

Sebelum perjalanan dimulai, kamu harus paham betul bagaimana manis pahitnya perjalanan sendiri. Kalau biasanya travelling bareng keluarga yang dasarnya akan dipimpin bapak, untuk kali ini kamulah pemimpin bagi dirimu sendiri. Hanya kamu lah yang bisa menentukan segalanya. Kamu adalah supir bagi dirimu sendiri, jadi disini kamu lah yang akan memimpin dirimu sendiri

3.      Jago Manajemen Keuangan

Dengan ber-solo travelling,  kamu akan lebih mudah mengatur keuangan kamu. Berhubung pergi sendirian, maka segala hal termasuk urusan keuangan diatur sendiri. Mulai dari urusan biaya tiket transportasi, penginapan, hingga konsumsi sehari-hari saat liburan harus kamu atur betul-betul tanpa bantuan orang lain. Apalagi kalau kamu jalan dengan bujet minim, kemampuanmu untuk menyesuaikan bujet dengan aktivitas liburan akan lebih terasah lagi. Bila sering dilakukan, kamu akan lebih pintar atur uang nantinya.

4.      Gak Bakal Kenal Kata Takut dan Malu

Setiap orang pasti memiliki rasa takut dan malu. Ketika travelling sendirian, kamu hanya bisa mengandalkan diri kamu sendiri. Maka ketika ada suatu masalah, satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah menghadapi rasa takut dan malu itu. Rasa takut untuk memulai memecahkan maslah dan rasa malu untuk berinteraksi dengan orang lain dalam membantu menyelesaikan masalah. Kamu harus percaya diri. Berdiam diri bukanlah solusi.

5.      Teman Dimana-mana, Pengetahuan Kemana-mana

Solo traveller bukan berarti tidak punya teman dan kesepian, justru ketika kamu menjadi solo traveller kamu akan dengan mudah menjalin hubungan dengan orang sekitarmu. Kamu  pasti akan menemukan banyak teman baru lintas daeah maupun negara yang bikin kamu makin punya banyak jaringan traveler. Kelak, pas kamu mau mengunjungi satu negara bisa menghubungi kawan yang dulu sempat bertemu dalam perjalananmu. Semakin banyak berinteraksi dengan orang asing maka kita akan semakin tahu banyak hal pula, baik dalam segi budaya, tradisi, ataupun pengetahuan lainnya.

6.      Meningkatkan Rasa Syukur Kepada Allah SWT

“Alhamdulillah” –  Adalah kata yang akan sering diucapkan. Dengan mengunjungi dan mengetahui berbagai keadaan yang ada, Kamu akan semakin bersyukur atas apa yang Kamu miliki pada akhirnya. Kamu juga akan memahami, bahwa sejatinya kehidupan adalah untuk kehidupan yang lain juga. Kamu akan merasa lebih beruntung meskipun tidak semua barang bawaan Kamu adalah barang yang mewah, tapi Kamu kaya akan pengalaman.

Gimana sobat muda, masih ragu mau jadi solo traveller?




Tema   : Fakta Unik (Rest N Relax)

By       : Tiffany



@simfonifmmalang
Stream & Chatbox