simfonifm

Membahas daerah wisata Indonesia tidak akan pernah habisnya, apalagi wisata perairannya. Tak hanya kedalaman laut dan biotanya, keindahan tepi laut dan panorama juga perlu mendapat perhatian khusus. Baru-baru ini ditemui pantai-pantai baru yang indah dan tak kalah menarik meski jarang diketahui, diantaranya,..

 

1.      Pantai Sawarna.

Pantai yang memiliki garis tepi 65 km ini terletak di desa pesisir pantai selatan, Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Keunikan dari pantai ini selain pasirnya yang putih dan airnya yang masih jernih, lautan di daerah ini, memiliki gelombang cukup kuat yang sangat cocok untuk berselancar. Tidak seperti pantai-pantai pada umumnya yang jauh dari masayarakat pertanian, Pantai Sawarna lebih dekat dengan pemukiman warga dan sawah. Dikawasan ini para wisatawan bisa menemukan area wisata yang tak kalah menarik. Yakni 2 gua karst. Gua pertama bernama Gue Lalay, artinya Gua Kelelawar dan Gua Langir.

Gua Lalay, terbentuk oleh retakan Batu Gamping. Retakan itu menjadi jalan air yang melarutkan batu gamping (kapur). Kemudian larutan gamping tersebut berubah menjadi endapan atau ornament-ornament yang bervariasi. Gua Lalay berdekatan pemukiman warga, lebih tepatnya di areal persawahan oleh karena itu area wisata Gua Lalay lebih ramai dan banyak pedagang disana daripada Gua Langir yang dekat dengan pesisir pantai.

Kemudian Gua Langir, yang mana terletak di barat pantai. Disana banyak terdapat tebing-tebing setinggi puluhan meter. Karena itulah, area gua ini lebih sering digunakan sebagai area latihan panjat tebing, daripada tempat wisata, namun tetap saja kecantikannya tak kalah dengan Gua Lalay.

 

2.      Pantai Lange

Pantai yang terdapat di daerah Lampuk, Aceh Besar ini masih sangat terpencil dan belum banyak diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu keadaannya masih alami dan dibutuhkan perjalanan yang cukup sulit untuk menjangkau pantai ini. Wisatawan yang ingin mendatangi pantai ini, setidaknya harus meleawati Gunug Lampuk yang memiliki kemiringan 45ยบ. Namun, perjuangan itu tidak akan sia-sia setelah mencapai Pantai ini, karena pemandangannya yang indah mampu mengusir segala kepenatan. Salah satu keunikana pantai ini adalah, adanya air mancur yang muncul dari batu karang. Dua titik air memancar dari batu karang di bibir pantai bagaikan pompa air. Air mancur ini memiliki ketinggian pancurannya sekitar 5 meter.

 

3.      Pantai Krakal

Bicara Jogja berarti bicara tentang destinasi wisata, kuliner dan budaya yang tidak akan pernah bisa habis dibahas. Setelah akrab dengan pantai parangtritis, sekarang ada satu lagi pantai yang baru ditemukan dan diduga akan menjadi daya tarik jogja yang lain selain Parangtritis, yakni Pantai Krakal.

Pantai ini masih merupakan sederetan pantai di pesisir selatan Wonosari Gunung Kidul Jogjakarta. Tepatnya di Desa Ngestirejo Kecamatan Tanjungsari. Untuk mencapai pantai ini, wisatawan harus menempuh perjalanan 65 km dari pusat kota Jogja, atau setara perjalanan 2,5 jam.

            Biota lautnya sangat bervariasi. Biota laut ini semakin nampak jelas ketika musim kemarau, disaat-saat air laut lebih jernih terlihat. Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki ombak yang khas cocok untuk surfing. Tak heran jika nanti suatu saat pantai ini akan ramai oleh para peselancar. Kemudian, saat surut wisatawan bisa menikmati keindahan karang. Wisatawan bahkan bisa berjalan disela-sela karang. Tapi meskipun begitu para wisatawan tetap disarankan memakai alas kaki, karena karang-karang di pantai ini cukup tajam.

 

4.      Pantai Perawan (Virgin Beach)

Bali merupakan surganya para wisatawan, namun ada salah satu pantai yang lolos dari jangkauan para wisatawan domestik maupun para turis yakni White Sand Beach atau biasa disebut Virgin Beach oleh para wisatawan asing  atau dalam bahasa Indonesia, disebut juga Pantai Virgin, tepatnya di daerah Bali Timur, Karangasem.

 Sesuai dengan namanya Pantai Virgin merupakan pantai perawan yang masih asli sehingga keindahan dan pesonanya masih alami. Bagi wisatwan dalam negeri dan terlebih turis, pada awalnya pasti akan kesulitan untuk menjangkau area ini. Selain minim informasi dan petunjuk jalan, akses (jalan) memang belum memadai. Berbatu dan terjal.

Selain itu, Wisatawan akan melewati daerah pemukiman penduduk asli dan juga hutan perawan yang di huni oleh ribuan kera, jadi jangan heran dan kaget jika wisatawan melihat binatang-binatamg liar di sepanjang jalan menuju pantai elok ini. Oleh karenanya, menjaga sopan santun dan tata krama penting disini.

Pantai virgin bali memiliki pasir yang berwarna putih kekuningan namun dibeberapa lokasi sedikit tercampur dengan pasir berwarna hitam. Keindahan pantai ini bukan main, karena berpasir putih dan air lautnya relatif berwarna jernih dan ombaknya yang relatif tenang menambah keasrian jika anda berada di pesisir pantai ini. Layaknya pantai-pantai wisata lainnya di Bali, di pantai ini juga terdapat kafe-kafe kecil di pesisir pantai yang menyediakan tempat duduk (sun deck) lengkap dengan payungnya. Disarankan wisatawan datang di hari yang cerah, karena saat itulah waktu-waktu yang tepat untuk berenang dan snorkeling.

5.      Pantai Tanjung Aan

Tidak kalah dengan senggingi. Pantai dikawasan Lombok ini memiliki keunikan yang khas. Terletak sekitar 75 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 3 Kilometer dari Pantai Kuta Lombok, wisatawan akan disambut pemandangan yang luar biasa. Jika di selat Gilbartar ada pertemuan air tawar dan air laut. Di pantai Tanjung Aan, terdapat pertemuan pasir kuning dengan pantai pasir merica (kehitaman).

Tidak hanya itu, pantai ini juga mulai terkenal semenjak ada salah satu produk rokok yang mengambil setting di kawasan ini sebagai iklan, mejadikannya panorama ini sebagai sorotan utama, yakni Batu Payung. Kenampakan alam luar biasa sering digunakan sebagai latar belakang foto prewedding.

Lokasi dari batu payung ini terletak bersebelahan dengan pantai tanjung aan lokasinya tepat di belakang bukit pemisah antara Pantai Tanjung Aan dan area Batu Payung. Di sepanjang pantai area ini, hanya terdapat bebatuan-bebatuan besar yang salah satunya adalah batu besar berbentuk serupa dengan payung.

Catatan Pantai Tanjung Aan sangat tepat untuk wisatawan yang gemar ber-snorkling dan berenang. Karena ombaknya yang cukup tenang dengan kedalaman yang relatif dangkal dan menjelang sore, karena permukaan air laut akan mulai naik, menjadikan Pantai Tanjung Aan ini menjadi tempat yang tepat untuk berselancar.

 

http://www.acehtourism.info/id/pantai-lange-si-cantik-yang-masih-perawan/

http://www.lombokgilis.com/object-wisata-lombok-gilis/133-pantai-batu-payung-lombok.html

http://saelekko.com/pantai-virgin-karangasem-surga-yang-tersembunyi/

http://www.ragamtempatwisata.com/2014/06/keindahan-alam-pantai-krakal-di-gunung-kidul-yogyakarta.html

https://tempatwisataseru.com/wisata-pantai-sawarna-lebak-banten/


 Hai Indonesia Karya: Nadia-Viska


 Editor: Tim News



@simfonifmmalang
Stream & Chatbox