simfonifm

Hikmah Bersyukur Kepada Allah SWT

 

1. Allah SWT Akan Menambah Nikmat-Nya

Janji Allah Swt bahwa Dia akan menambah nikmat yang telah diberikan jika kita mensyukurinya. “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]:7)

2. Allah Tidak Menyiksa Hamba Yang Bersyukur Dan Beriman Serta Bersabar

Apabila seorang hamba ialah orang beriman dan selalu berterima kasih karenanya Allah Ta\’ala tak akan menyiksa hamba itu. Malahan, Allah SWT memberi pahala atas amal-amalnya, menambahkan enak-Nya, dan memaafkan kesalahannya.

“Mengapa Allah Swt akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah Swt adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nisa [4]:147)

3. Bersyukur Dapat Melestarikan Nikmat Dan Menambah Nikmat

Dengan bersyukur, Allah akan melestarikan nikmat tersebut kepada hamba-Nya dan tidak mencabut nikmat terebut darinya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya : “Bersyukur atas nikmat Allah Swt akan melestarikan nikmat tersebut.” (HR. ad-Dailami)
“(siksaan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya Allah SWT sekali-kali tidak akan mengubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada suatu kaum, hingga kaum itu mengubah apa-apa yang ada pada diri mereka sendiri, dan sesungguhnya Allah Swt Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Anfaal [8]: 53)

4. Balasan Pahala Bersyukur Yaitu Memperoleh Nikmat

“Sebagai nikmat dari Kami. Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS. Al-Qamar [54]: 35)

5. Allah Pasti Memberi Balasan Orang Yang Bersyukur

Orang yang bersyukur pasti akan menerima balasan dari Allah Ta’ala, bagus di dunia ataupun di akhirat.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya : “Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. (Qs. Ali Imran [3]: 145)

Orang-orang yang berterima kasih memiliki kesadaran dan kecakapan untuk mengamati keindahan dan kenikmatan yang dikaruniakan Allah Subhanahu wa ta\’ala kepada mereka semuanya dan juga kepada seluruh alam semesta ini.

Kita perlu belajar kepada orang-orang mukmin sejati yang senantiasa paham dan memahami akan keutamaan berterima kasih terhadap Allah sekalipun berada dalam keadaan yang amat sulit sekalipun. Bagus itu dalam menghadapi kesusahan hidup dan sejenisnya.

Seseorang yang memperhatikan dari luar mungkin menyangka berkurangnya enak pada diri orang-orang yang beriman. Padahal, dalam diri orang beriman yang cakap melihat sisi-sisi kebaikan dalam tiap-tiap peristiwa dan kondisi juga kapabel mengamati kebaikan dalam penderitaan tersebut.

Anggapan kebanyakan orang, berterima kasih kepada Allah cuma perlu dikerjakan pada dikala menerima anugerah kenikmatan yang besar atau terbebas dari keadaan sulit besar yang sedang dihadapinya karenanya hal tersebut yaitu kesalahan kekeliruan yang besar.

Walaupun seandainya kita merenung sejenak, maka kita akan bisa menyadari bahwa kita semua ini dikelilingi oleh nikmat yang tidak terbatas banyaknya.

Dalam hitungan waktu ,setiap detik, tiap-tiap menit, dan seterusnya tercurah kenikmatan dari Allah tak terhenti yang berupa hidup, kesehatan, kecerdasan, panca indera, udara yang dihirup.

 

 

Mutiara Hati Karya : Farhan

Editor: Tim News



Stream & Chatbox