simfonifm

Candi Borobudur merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah terkenal sampai ke seluruh dunia. Bangunan ini merupakan candi Budha yang dibangun oleh Wangsa Saylendra pada abad ke-8 dan merupakan candi budha terbesar di dunia yang ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Fakta unik candi Borobudur :

1. Salah satu dari tujuh keajaiban dunia

Borobudur dikatakan keajaiban dunia karena kemegahan dan keunikan candi tersebut. Borobudur adalah candi terbesar di dunia dan memiliki desain arsitektur yang indah. Setiap reliefnya menceritakan tentang Ramayana. Dan relief tersebut dapat dibaca jika pengamat melihat relief dengan mengintari candi searah jarum jam

2. Dibuat dengan teknologi canggih pada zamannya

Menurut hasil penelitian, pada abad ke-8, saat pembangunan candi Borobudur manusia diperkirakan belum mahir dalam menggunakan tekhnologi dan hitungan matematika.  Candi Borobudur dibangun dari susunan balok vulkanik. Uniknya, meski balok tersebut tersusun tanpa perekat, namun candi ini tetap berdiri kokoh. Stiap bagian candi juga menggunakan perhitungan matematis. Dari bagian kaki, badan, hingga kepala candi menggunakan perbandingan 4:6:9.

3. Sebagai jam raksasa penanda waktu

Candi yang satu ini terdapat banyak stupa berbentuk seperti lonceng terbalik. Di Candi Borobudur terdapat 72 stupa, stupa terbesar terdapat di lantai teratas Candi Borobudur. Menurut para ilmuwan, stupa pada Candi Borobudur juga berfungsi sebagai jam matahari. Jam ini digunakan sebagai alat pengukur waktu pada masa itu. Gunadarma menggunakan stupa-stupa pada Candi Borobudur sebagai titik jam. Karena merupakan jam Matahari, jarum jamnya adalah banyangan stupa terbesar yang terdapat pada lantai teratas Borobudur. Kalau anda perhatikan bayangan stupa terbesar di lantai teratas selalu jatuh dengan tepat di stupa lantai bawah.

4. Candi Borobudur sudah terkenal, namun belum makna penamaannya belum jelas

Banyak ahli yang mencoba memaknai arti nama Borobudur. Raffles sang penemu bangunan bersejarah ini sendiri mengartikan Borobudur dalam 3 versi nama, yaitu Borobudur yang bermakna Buddha Agung (Boro= Agung, Budur= Buddha), tempat yang kuno (Boro= nama daerah, Budur= kuno), dan banyak Buddha (Boro= Banyak, Buddur= Buddha). Sedangkan dalam situs Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Borobudur berarti pohon kehidupan yang tumbuh subur di sekitar candi. Meski demikian, makna asli dari nama Borobudur belum begitu jelas.

5. Candi Borobudur awalnya dibuat bagaikan bunga raksasa di tengah danau

Menurut penelitian sejarawan, Gunadarma sang arsitek Borobudur sangat taat beragama Buddha. Beliau memikirkan suatu rencana untuk membangun tempat ibadah di sebuah pulau yang terdapat pada danau tersebut dengan harapan agar Tuhan melindungi manusia dari berbagai bencana. Gunadarma merancang sebuah tempat ibadah yang berbentuk bunga teratai. Bunga teratai raksasa yang mekar di tengah danau dan dikelilingi oleh tujuh gunung. Selama pembangunan kurang lebih 92 tahun, bangunan itu selesai dan diberi nama Candi Borobudur. Namun sayang akibat letusan gunung berapi serta gempa bumi danau di sekitar Candi Borobudur menjadi hilang. Tumpukan debu vulkanik dari gunung berapi menyebabkan danau di sekitar Candi Borobudur mengering. Sekarang Candi Borobudur sudah tidak memiki danau dan tidak banyak yang tahu soal ini.

Karya : Shilla

Tema : HI Indonesia

Editor : News

Sumber :




Stream & Chatbox